Tips Cerdas Mengelola Bisnis Anda Agar Sukses

Tips Cerdas Mengelola Bisnis Anda Agar Sukses

Tips Cerdas Mengelola Bisnis – Perencanaan bisnis adalah sebuah kompas kesuksesan bagi seorang pebisnis. Tidak peduli apakah menyandang status pengusaha pemula, junior, senior atau pengusaha besar, semuanya sudah pasti harus siap untuk tahan banting dan mempunayi sikap mental yang kuat dan positif karena dalam bisnis banyak tantangan yang tentunya akan dihadapi

Tips Cerdas Mengelola Bisnis Anda Agar Sukses

Agar bisnis Anda sukses besar Anda harus mempunyai rencana dan strategi bisnis yang bagus. Perencanaan bisnis yang jitu dan yang disiapkan dengan baik memiliki peluang besar untuk memperbesarkan potensi kesuksesan bisnis Anda. Perusahaan yang memiliki perencanaan usaha atau persiapan strategi bisnis yang baik tentu akan jauh lebih cepat berhasil daripada perusahaan yang beroperasi tanpa rencana.

Yang pertama yang harus kita pahami adalah definisi rencana bisnis itu sendiri. Bagaimana caranya membuat suatu perencanaan bisnis yang bagus? Apa – apa saja yang harus dipersiapkan? Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk membuat bisnis plan dan masih banyak lagi. Tentu saja semua pertanyaan itu tidak bisa dijawab dengan mudah, tetapi justru hal – hal inilah yang sebenarnya tahap yang perlu Anda lakukan sebagai dasar pijakan bisnis Anda.

Rencana bisnis merupakan suatu konsep atau rincian dari gambaran perencanaan bisnis, proyeksi keuangan, pengelolaan bisnis, pengembangan usaha, target pencapaian hingga strategi pemasaran produk. Perenanaan bisnis mencakup semua hal mulai dari arah dasar perusahaan, tujuan yang hendak dicapai dan strategi perusahaan dalam jangka pendek, menengah dan panjang.

Supaya bisnis yang Anda bangun dapat berkembang dengan cepat dan sukses, Anda harus memiliki dasar dan fondasi bisnis yang kuat. Berikut ini 7 hal penting yang perlu Anda perhatikan dalam menyusun perencanaan bisnis Anda

1. Miliki Gambaran Usaha Sejelas Mungkin

Semua bisnis diawali dengan memiliki gambaran atau deskripsi yang jelas dan mudah dipahami semua orang. Dalam Deskripsi bisnis tersebut harus menjelaskan seperti apa bentuk usaha Anda, produk yang dijual apa saja atau jasa yang Anda layani, Pembahasan lengkap untung dan rugi produk/jasa yang dijual tersebut, termasuk di dalamnya harga produk, kebutuhan biaya operasional perusahaan, target bisnis jangka pendek menengah dan panjang, hingga pola pemberlakuan sistem kerja.

Susunlah Visi, Misi dan Rencana Strategis mengenai perusahaan Anda. Tujuan apa saja yang ingin dicapai dan bagaimana strategi pencapaiannya. Gambarkan posisi perusahaan Anda saat ini dan di masa depan, identifikasi target pasar, keunggulan bersaing perusahaan, pemilihan lokasi usaha, pengelolaan manajemen inti, bentuk usaha seperti apa serta konsep – konsep manajemen yang dijalankan dalam perusahaan.

2. Mencatat Dengan Detail Semua Permasalahan Bisnis Yang Ada

Mencatat semua permasalahan yang terjadi dalam bisnis kita termasuk cara atau modal pengelolaan bisnis yang baik. Dengan mencatat, Anda bisa mengevaluasi usaha bisnis secara teratur karena Anda sudah memiliki catatan tugas apa saja yang harus dibereskan. Tidak hanya terbatas pada masalah pembukuan transaksi bisnis yang penting di catat, tetapi juga hal – hal sepele perlu kita tulis juga agar semuanya bisa diketahui.

Sangat baik jika Anda mempunyai sebuah buku catatan (notes) atau buku agenda ukuran kecil yang bisa Anda bawa ke mana saja. Di saat teknologi maju sekarang ini kita bisa menggunakan smartphone untuk menuliskan semua catatan usaha kita tersebut. Catatan – catatan tersebut bisa berupa keluhan konsumen kita, Ide – ide dari konsumen atau karyawan, informasi hutang piutang, pinjaman dan sebagainya

3. Analisa Kekuatan dan Kelemahan Pesaing Bisnis Anda

Membuat analisa sederhana dari para pesaing bisnis Anda merupakan cara jitu untuk membangun bisnis Anda menjadi lebih baik. Lakukan analisa sederhana mengenai faktor – faktor apa saja menjadi kekuatan atau kelemahan usaha dari pesaing Anda.

Dengan mengetahui kekuatan dan kelemahan bisnis pesaing, Anda akan lebih mudah menyiapkan strategi menghadapinya. Selalu Belajar dari pengalaman sukses dan pengalaman gagal orang lain adalah salah satu Tips cerdas mengelola Bisnis, dengan demikian Anda mampu menciptakan rumus kesuksesan dan strategi bisnis yang tepat menurut Anda sendiri.

4. Buat Strategi Pemasaran Bisnis Tepat Sasaran

Strategi pemasaran sangat penting dalam dunia bisnis karena strategi pemasaran yang tepat memaksimalkan penjualan produk/ jasa. Strategi pemasaran harus disiapkan dengan lengkap, mulai dari tahap promosi produk, alokasi biaya, harga produk, distribusi produk, tempat penjualan, waktu penjualan, target market produk hingga media promosi yang digunakan. Selalu terapkan Aturan 4P (Product, Price, Place, Promotion) agar strategi pemasaran bisnis Anda semakin sukses.

5. Menyiapkan Laporan Keuangan Perusahaan

Dalam membangun bisnis atau usaha di bidang apapun, Aspek keuangan adalah hal penting dan tidak boleh dilewatkan. Pelajari dengan baik bagiamana melakukan pembukuan keuangan usaha Anda yang baik dan tertata rapi. Bedakan antara modal untuk bisnis dan keuangan pribadi. Dengan pengelolaan keuangan usaha Anda yang baik, bisnis Anda tentu akan berkembang dengan lebih baik lagi.

Anda harus memiliki tata cara pengelolaan anggaran yang benar agar tetap efisien. Pelajari cara bagaimana membuat rencana anggaran untuk belanja perusahaan dan cara memangkas biaya-biaya lain yang tidak perlu. Dengan memiliki laporan keuangan yang teratur, bisa menjadi modal Anda kelak jika Anda membutuhkan modal tambahan dari lembaga keuangan.

6. Menjaga Kualitas Produk/Jasa

Menjaga Kualitas Produk atau jasa penting sekali diperhatikan agar bisnis yang Anda bangun berkembang pesat. Dengan produk/ jasa yang berkualitas Anda tentu saja akan mendapatkan lebih banyak konsumen dan keuntungan yang Anda dapatkan menjadi semakin besar.

Contoh, Anda memiliki usaha rumah makan sate soto kambing, banyak pelanggan setia Anda yang menyukai soto sate kambing dan sering mampir ke tempat Anda karena rasanya enak dengan harga yang murah. Dilihat dari sisi pebisnis yaitu Anda, perlu berpikir keras bagaimana caranya agar tetap untung walaupun harga bahan-bahan pokok soto sate kambing tersebut melonjak.

Mungkin Anda bisa melakukan strategi untuk menaikkan harga makanan tersebut secara perlahan – lahan tetapi tetap menjaga kualitas baik rasa dan pelayanan Anda. Pelanggan tentunya akan terus berdatangan membeli soto sate kambing Anda jika mereka merasa puas dengan produk dan pelayanan terbaik dari Anda.

7. Rekrut tenaga kerja yang profesional

Tidak peduli berapa besar ukuran usaha atau bisis Anda, akhirnya Anda harus merekrut karyawan atau tenaga kerja dari Iuar. Oleh karena itu, lakukan proses penerimaan dengan hati-hati, tidak perlu tergesa-gesa, dan penuh pertimbangan. Ada satu ungkapan dari Pengusaha sukses Meksiko yang berkata perihal perekrutan karyawan, “Rekrut lambat – lambat, Pecat cepat – cepat”.

Jika ternyata Anda salah dalam memilih karyawan sebaiknya segera ambil keputusan untuk memberhentikan karyawan tersebut karena jika tidak akan sangat menggangu keberlangsungan bisnis Anda. Jangan sampai terjadi Anda adalah seorang pemilik usaha yang memiliki visi misi bisnis, tapi mendapatkan karyawan yang salah yang bisa menghalangii tercapainya visi dan misi perusahaan yang telah ditetapkan.

Demikian Tips – Tips Cerdas Menyusun Perencanaan Usaha dan Mengelola Bisnis Agar Sukses. Semoga informasi ini bermanfaat.

_________________________________

Bagikan Postingan ini ke yang lain:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *