Tips Bisnis Rental Mobil Untuk Pemula Dengan Modal Kecil

Tips Sukses Bisnis Rental Mobil Untuk Pemula

Tips Bisnis Rental Mobil – Kebutuhan akan transportasi sangat besar di Indonesia karena Indonesia masih masuk dalam kategori negara berkembang. Karena kebutuhan transportasi yang sedemikian besar ini menjadikan begitu banyak peluang – peluang bisnis baru misalnya bisnis jasa rental mobil atau bisa jasa sewa mobil.

Tips Bisnis Rental Mobil Untuk Pemula Dengan Modal Kecil

Peluang bisnis ini seakan tidak pernah mati karena semua kebutuhan manusia saat ini tidak lepas dari moda transportasi. Mulai dari aneka kebutuhan untuk tamasya atau rekreasi sampai pada kebutuhan perjalanan dinas atau untuk keperluan bisnis semuanya pasti membutuhan mobil sebagai sarana transportasi yang paling praktis

Selain bisnis rental mobil, kemajuan teknologi yang begitu cepat menghadirkan lapangan kerja yang baru antara lain menjadi sopir atau driver dari armada taksi online. Hal – hal ini membuat semakin banyak peluang usaha kreatif bagi para pengusaha yang bergerak di dunia rental mobil atau persewaan mobil.

Jika Anda seorang pemula tetapi ingin memulai bisnis usaha rental mobil atau usaha sewa mobil, Anda bisa memulainya sekarang juga. Tapi pertanyaan berikutnya tentu bagaimana memulai usaha ini.Berikut beberapa tips sukses bagi Anda yang ingin memulai bisnis sewa/ rental mobil dengan modal terbatas

Pilih Jenis Mobil yang banyak diminati masyarakat

Untuk bisa memulai bisnis rental mobil Anda tentunya perlu memiliki mobil – mobil yang akan direntalkan. Sebagai langkah awal, pilih jenis mobil apa saja yang paling banyak diminati masyarakat di wilah Anda. Umumnya para pelanggan rental mobil lebih suka tipe mobil jenis MPV atau minibus yang dapat membawa banyak orang sekaligus mobil – mobil yang bisa irit dalam penggunaan bahan bakarnya.

Dalam masyarakat kita, mobil yang banyak diminati masayarakat antara lain Avanza, Xenia, Innova, Gran Max, dan lain – lain. Setelah sukses memilih mobil yang ingin dibeli, tentukan dahulu berapa harga sewa mobil berdasarkan tipe mobil yang Anda pilih.

Jangan membeli mobil bekas

Meski harga mmobil bekas biasanya jauh lebih murah, tetapi saran kami beli mobil baru untuk memulai bisnis rental atau sewa mobil tersebut. Mobil yang baru akan menaikan nilai produk Anda menjadi nilai lebih plus bagi pelanggan karena dengan mobil baru, pelanggan tentunya lebih merasa aman dan nyaman. Bukan itu saja, memilih mobil baru juga akan sangat mengurangi biaya perawatan. Jika mobil yang Anda beli Mobil bekas, tentunya Anda harus menyiapkan dana ekstra besar karena kerusakan mobil pasti lebih sering terjadi.

Pastikan Membeli Mobil Secara Kredit

Jika Anda memiliki modal yang besar, membeli mobil baru secara tunai boleh – boleh saja. Tetapi jika mobil yang Anda incar harganya malah dan Anda belum memiliki dana yang besar, Anda bisa membelinya secara kredit. Untuk usaha rental mobil membeli mobil secara kredit lebih menguntungkan.

Karena untuk membayar biaya cicilan mobil, Anda bisa mengambil sebagian keuntungan yang Anda dapatkan dari usaha sewa mobil yang sedang berjalan. Dengan demikian, Anda tidak perlu terlalu terbebani dengan cicilan yang harus dibayar setiap bulannya.

Tetapkan Peraturan Untuk Usaha Rental Mobil Anda

Peraturan dalam bisnis rental mobil sangatlah penting. Risiko yang ditimbulkan dari penyewa yang biasa terjadi antara lain kerusakan mobil sewa atau bahkan bisa kehilangan mobil. Oleh sebab itu, untuk melindungi Anda sebagai pemilik mobil rental Anda harus harus menetapkan sejumlah ketentuan antara lain:

  • Pembuatan Surat Berisi Perjanjian Penyewaan Mobil di atas meterai dan ditandatangi oleh pihak pemilik dan penyewa
  • Menahan Kartu Tanda Penduduk (KTP) dari penyewa selama masa penyewaan
  • Memberi formulir kepada penyewa rental mobil berisi informasi seputar data pribadi penyewa
  • Jangan lupa untuk memasangkan alat pelacak GPS pada mobil Anda.

Daftarkan Mobil Anda ke dalam Asuransi

Semua bisnis yang ada di dunia pasti memiliki resiko, termasuk di dalamnya membuka rantal mobil. Resiko terbesar adalah resiko kehilangan mobil Anda. Penting sekali untuk mengasuransikan mobil yang merupakan aset bisnis terbesar Anda. Selain resiko kehilangan mobil, terjadinya kecelakaan, dam kerusakan mobil akibat penggunaan yang salah dapat jgua mengganggu keberlangsung usaha bisnis rental mobil Anda Anda. Dengan adanya Asuransi mobil, Anda tentunya lebih merasa aman.

Mengatur Strategi Marketing untuk bisnis

Setelah aset mobil sudah Anda miliki langkah pertama yang Anda persiapkan adalah bagaimana mengatur strategi marketing yang cocok untuk bisnis rental yang Anda miliki. Strategi bisnis meliputi siapa target rental mobil ini dan siapa orang – orang yang ikut membantu mengelola bisnis Anda (People), lokasi tempat usaha jasa rental mobil (Place), berapa harga yang Anda kenakan untuk setiap penyewaan mobil (Price), perlu juga memahami model promotion tools apa saja yang akan Anda gunakan dalam memaksimalkan jumlah penyewa.

Seberapa efektif bisnis rental Anda tergantung pada seberapa jitu strategi mmarketing yang Anda terapkan. Strategi marketing modal kecil bisa dilakukan dengan cara sederhana, seperti beriklan di media sosial, blog gratisan, dan juga jaringan pertemanan.

Ketika bisnis Anda pelan – pelan berkembang, Anda dapat membangun kerja sama dengan pemilik mobil rental lainnya atau perusahaan-perusahaan mana saja yang membutuhkan transportasi pribadi. Anda juga bisa menawarkan penyewaan kepada mitra taksi online sebagai salah satu langkah strategis untuk usaha bisnis rental mobil Anda.

Kelola Keuangan Usaha Anda dengan Baik

Mengelola keuangan bisnis dengan baik adalah salah indikator kesuksesan suatu usaha. Dengan memahami transaksi keuangan, arus kas, rugi laba dll Anda akan dapat mengontrol setiap transaksi yang berlangsung dengan lebih baik lagi. Dengan adanya pengelolaan keuangan usaha yang baik, Anda pasti bisa mengambil keputusan terbaik strategi pengembangan bisnis untuk tahun – tahun berikutnya.

Untuk Anda yang berlatar belakang dunia keuangan tentu tidak asing berhadapan dengan tata kelola keuangan usaha. Akan tetapi untuk Anda seorang pemula yang memiliki pengetahuan dan keahlian yang terbatas dalam mengelola keuangan tentu akan sangat merepotkan. Tapi kabar terbaiknya sekarang Anda dapat menyewa jasa konsultan atau menggunakan software keuangan yang membantu pengelolaan keuangan bisnis rental Anda secara otomatis.

Software keuangan dari Jurnal.id Sangat direkomendasikan

Salah satu software keuangan penting yang sangat saya rekomendasikan untuk Anda adalah Software keuangan dari Jurnal.id Dengan menggunakan software ini, seluruh transaksi usaha berlangsung secara otomatis dalam sistem, semua kondisi keuangan, laporan keuangan dll dapat dengan mudah Anda akses kapanpun dan di manapun.

Manfaatkan Peluang Pendapatan Tambahan dari Mobil rental Anda

Sekarang iklan tidak terbatas lagi pada media brosur, pamflet, spanduk dll. Iklan sudah merambah pada objek – objek bergerak seperti mobil. Ini adalah peluang bagus untuk Anda yang sudah memiliki usaha rental mobil. Sudah banyak penyedia layanan iklan yang memungkinkan mobil rental Anda ikut dipasang iklan dan mampu mendapatkan penghasilan tambahan yang luar biasa.

Contoh perusahaan layanan iklan yang sudah membuat iklan di mobil adalah Ubiklan. Ubiklan diakui sebagai salah satu perusahaan teknologi yang berbasis aplikasi dan website yang ada untuk bisa memanfaatkan mobil Anda menjadi media bagi perusahaan-perusahaan yang ingin mengiklankan produk, kegiatan acara, atau layanan jasa yang mereka tawarkan pada konsumen

Demikian informasi seputar Tips Bisnis Rental Mobil Untuk Pemula Dengan Modal Kecil hingga sukses. Semoga artikel ini bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *